Ingin Membeli Gitar? Inilah 6 Tips Untuk Kalian yang Ingin Membeli Gitar

Bagi kawula muda, gitar menjadi alat musik yang paling digemari. Gitar digemari karena harganya yang relatif murah dibanding alat musik lainnya, selain itu cara mainnya lebih mudah dipelajari, dan praktis dibawa kemanapun. Bagi orang yang memiliki hobi bernyanyi, rasanya wajib untuk memiliki alat musik gitar. Gitar sangat cocok untuk mengiringi kita dalam bernyanyi, baik bernyanyi sendiri, ataupun bersama teman-teman.

Di era sekarang, sudah menjadi trend bahwa banyak sekali konten cover lagu yang dalam penyajiannya hanya menggunakan alat musik gitar. Hal tersebut, sekali lagi membuktikan bahwa gitar menjadi instrumen musik yang paling banyak digunakan. Gitar sendiri memiliki berbagai jenis dengan karakteristiknya masing-masing.

Bagi kalian para penghobi musik, tentunya memiliki minat dalam hal bermain gitar. Apalagi ketika mendengar lagu favorit kalian, tentunya pernah timbul keinginan bahwa suatu saat pasti bisa membawakan lagu tersebut dengan diiringi gitar sendiri. Nahh, bagi kalian yang ingin belajar ataupun hendak membeli gitar, berikut kami sajikan beberapa tips yang tentunya akan sangat membantu kalian dalam memilih gitar.

1.      Tentukan jenis gitar

Gitar sendiri memiliki beberapa jenis dengan karakteristik suaranya masing-masing. Pada umumnya jenis gitar terbagi menjadi 3, yakni gitar klasik, gitar akustik, dan gitar elektrik. Dari ketiga jenis gitar tersebut, gitar klasik dan gitar akustik memiliki fleksibilitas dan kemudahan dalam penggunaannya. Gitar klasik memiliki karakteristik suara yang lebih lembut, karena gitar jenis ini menggunakan senar atau string jenis nylon. Sementara gitar akustik dan elektik memiliki karakteristik suara lebih garing (renyah), karena menggunakan senar atau string berbahan baja.

2.      Sesuaikan dengan dana yang kalian miliki

Setelah memilih jenis gitar, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan jenis pilihan dengan dana yang kalian miliki. Jika kalian memiliki dana lebih, kalian bisa memilih gitar merk ternama, seperti cowboy, yamaha, cort, taylor, dsb. Gitar merk tersebut bisa kalian dapatkan dengan harga mulai 1 jutaan untuk versi akustik biasa.

Bagi kalian yang memiliki dana 1 jutaan kebawah, jangan berkecil hati. Dengan dana 1 jutaan, kalian bisa memilih gitar custom dengan berbagai spesifikasi dan jenis sesuai pilihan kalian, gitar custom merupakan gitar buatan pengrajin lokal yang memiliki kualitas tidak kalah dengan gitar pabrikan. Gitar jenis ini bisa kalian dapatkan juga di toko-toko musik ataupun platform online shop.

3.      Tentukan ukuran sesuai dengan kenyamanan kita

Ukuran gitar juga menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih gitar. Bagi kalian yang menginginkan gitar dengan ukuran kecil, kalian bisa memilih gitar dengan ukuran 3/4. Jika, kalian menginginkan gitar dengan ukuran menengah, kalian bisa memilih gitar dengan ukuran 4/4. Sedangkan, jika kalian menginginkan jenis gitar berukuran standar gitar akustik, kalian bisa memilih gitar dengan body jumbo. Ukuran gitar ini biasanya berlaku untuk gitar akustik dan klasik, dengan variasi akustik-elektronya saja, sedangkan gitar elektrik biasanya memiliki ukuran yang hampir sama, seduai dengan modelnya.

4.      Pilih gitar dengan spesifikasi yang bagus

Spesifikasi menjadi aspek yang sanga penting dalam memilih gitar. Kalian bisa mempertimbangkan bahan dari body, neck, fretboard, bridge, serta komponen lainnya. Pada umumnya, gitar yang bagus menggunakan bahan dari kayu mahogani, rosewood, maple, ebony, dan sebagainya. Bahan tersebut tergantung dengan jenis komponen dan jenis gitar, biasanya setiap gitar memiliki pilihan bahan yang berbeda-beda, tergantung ciri khas masing-masing.

5.      Cek fisik gitar dengan detail

Nahh, setelah menemukan gitar yang dirasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah cek fisik gitar secara detail. Kalian bisa mengecek tampilan fisik, yang berkaitan dengan body gita, serta komponen lainnya.

6.      Coba mainkan gitar

Langkah terakhir dalam memilih gitar adalah dengan mencoba memainkan gitar, bagi kalian yang belum bisa bermain gitar, kalian bisa mengajak teman yang sudah bisa bermain, ataupun minta bantuan penjual untuk memainkannya. Setelah dirasa semuanya sudah cocok, kalian bisa membungkus gitar pilihan kalian, dan jangan lupa meminta garansi dari toko tempat kalian membeli. garansi menjadi hal yang penting, jika dikemudian hari ada masalah kalian bisa langsung membawa gitar kalian ke toko selama masa garansi masih berlaku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Lebaranku

Jejak Sejarah Peninggalan Paku Buwono IX di Desa Langenharjo